ETIKA BISNIS


Saya pengajar mata kuliah etika bisnis, pada salah satu bab buku diktat kuliah saya  terdapat contoh etika bisnis yang mengagumkan yakni  Perusahaan Merck Company melakukan penelitian yang panjang untuk dapat menghasilkan obat yang mampu menyembuhkan dari  "river blindness" yakni penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit, cacing ini menjadi penyakit yang tak tertahankan yang menjangkau 18 juta penduduk miskin di desa desa terpencil di pinggiran sungai afrika dan amerika latin.
Cacing parasit ini hidup di bawah kulit manusia dan bereproduksi dengan melepas jutaan keturunan nya yang disebut Microfilaria, yang menyebar ke seluruh tubuh dengan bergerak gerak di bawah kulit, meninggalkan bercak bercak, menyebabkan lepuh-lepuh dan gatal yang amat sangat tak tertahankan, sehingga korban kadang-kadang memutuskan bunuh diri.
Merc  company membiayai sampai 100 juta dollar pada tahu 1980, tetapi demi menyelamatkan 85 juta orang maka Merc tetap melaksanakan. penelitian dan menghasilkan invernectin untuk di bagi bagikan pada masyarakat miskin

Merc melihatnya bahwa membantu manusia miskin sembuh dari sakitnya adalah keuntungan manusiawi bukan keuntungan uang semata.

Saya sakit demam sudah 2 hari yang lalu , waktu saya pesan obat untuk dikirim, orang pertama yang saya minta kirim  nulis di sms nya.. wah gak bisa sekarang, kalau pun besok dikirim ya tergantung kurirnya, padahal saya sudah tulis di sms bahwa saya sedang demam, mohon dikirim pagi ini.....lalu saya sms orang lain/ agen lain juga dijawab tunggu dulu, sampai saya tulis ini tidak ada jawaban nya.

Ternyata kalau kita bergerak di bisnis penyembuhan jangan hanya berpikir untung rugi, tetapi berpikirlah keuntungan manusiawi

Komentar

Postingan Populer